Agar Dilirik Kelas Menengah Muslim, Bank Syariah Harus Lebih 'Saleh'
Untuk merebut potensi itu, bank syariah disebutnya mendapat tantangan meyakinkan kelas menengah Muslim ini bahwa kesalehan sosial atau muamalat tidak kalah penting atau bahkan lebih penting daripada kesalehan ritual.
“Sekaligus menampilkan citra bankir syariah yang memang juga saleh dan pantas mewakili keuangan Ilahiyah. Serta proses perbankan yang menyejukkan,” katanya.
Tanpa pendekatan yang menyeluruh (kaffah), kata Riawan, sulit untuk meyakinkan kelas menengah Muslim ini mengenai pentingnya aspek muamalat dalam agama. Lebih sulit lagi meyakinkan bahwa bank syariah dan Bankirnya benar-benar syariah.
Perbankan Syariah Sambut Positif Lukman Hakim Terpilih Kembali
![Menag, Lukman Hakim Saifuddin - [ist]](http://static.skalanews.com/media/news/thumbs-396-263/menag,_lukman_hakim.jpg)
Menag, Lukman Hakim Saifuddin
"Yang paling menarik adalah masih bertahannya Menteri Agama, jadi optimstis untuk Bank Syariah dapat lebih tinggi," kata Presiden Direktur BNI Syariah, Dinno Indiano, di Jakarta, Senin (27/10).
Sebagai salah satu pemain utama Bank Unit Syariah di Indonesia, Dinno mengharapkan, kepemimpinan Lukman mendukung sistem pengelolaan dana haji dengan terus melibatkan industri perbankan dan sektor keuangan syariah lainnya.
Tingkat penetrasi masyarakat kepada perbankan syariah masih berkisar di level yang relatif kecil, yaitu di lima persen. Hal tersebut yang menyebabkan, perbankan syariah kerap kesulitan menghimpun likuiditas dari Dana Pihak Ketiga (DPK).
"Di semua bank syariah, yang jadi masalah adalah DPK. Maka kita terima kasih kepada Kemenag, yang sudah alokasi dana hajinya ke bank syariah," ujarnya.
Bank BNI Syariah telah mengelola dana haji, --yang pada September--, berjumlah Rp3,7 triliun dari entitas induk PT. BNI Tbk. Dana tersebut, diakui Dinno, sangat membantu perusahaan untuk melonggarkan likuiditas.
Di BNI Syariah, dana haji masuk dalam bentuk deposito. Jumlah deposito BNI Syariah hingga September 2014 mencapai Rp7,7 triliun atau 47,70 persen dari total DPK.
"Deposito kita masih sangat tinggi, terutama dengan masuknya dana haji," ujar dia.
Selain keberlanjutan Lukman, menurut Dinno, posisi Menteri Ekonomi lainnya ,seperti halnya tokoh senior Sofyan Djalil di posisi Menko Perekonomian dan Rini Soemarno di Menteri BUMN, menambah optimistis kinerja perekonomian. Terutama industri perbankan dapat terus membaik.
"Kalau lihat jajarannya, di Menko Perekonomian, di Meneg BUMN mereka semua orang berpengalaman ya," ujar dia.
Tingkatkan "Melek" Keuangan Syariah
Selain itu, Direktur Bisnis BNI Syariah Imam Teguh Saptono mengharapkan, jajaran pemerintah baru lebih memperhatikan literasi keuangan syariah di masyarakat yang masih rendah.
"Sekarang penetrasi perbankan syariah baru lima persen, seharusnya dapat 10 persen," ujar dia.
Salah satu caranya adalah pemerintah, bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan pelaku perbankan terus gencar mensosialisasikan, bahwa kualitas perbankan dan jasa keuangan syariah lainnya sudah setara dengan konvensional.
"Mengajak, mengedukasi, bahwa Bank Syariah suudah profesional dari sisi produk. Mari membuat masyarakat percaya, bahwa bank syariah dapat semakin besar," kata dia.
Pemerintah juga, kata dia, perlu berinisiatif agar program pemerintah juga melibatkan pembiayaan dari perbankan syariah.
http://skalanews.com/berita/detail/196871/Perbankan-Syariah-Sambut-Positif-Lukman-Hakim-Terpilih-Kembali
LOMBA DESAIN LOGO BMT Harapan Ummat
LOMBA DESAIN
LOGO BMT HARAPAN
UMMAT KUDUS
I. Latar Belakang
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAGgxQbe2Tsl1dtcRXDYk_e-rBtap69Z6RykPCPchXFWcetR2HKrvMkJnV3oLQJSnrEIbAjCG7fBmr6_aWkXIXQkYTHQ1vwDqIt-lp6iCoJDSLkqntfn2brrTQb8SqcUBHcVVDyGa6hLWe/s1600/gmbar-logo.jpg)
Selanjutnya untuk lebih memperkuat fondasi perkembangan sehingga lebih mantap
melangkah ke depan guna menghadapi persaingan global.
persaingan yang akan semakin berat seperti
halnya diberlakukan AFTA ataupun MEA maka perusahaan harus mempersiapkan diri
secara optimal. Untuk itu diperlukan branding yang kuat dari BMT dapat bertahan
dipasar dan produk – produk dari BMT semakin banyak di minati dan di terima
oleh masyarakat. Perubahan logo yang memiliki orientasi terhadap nasabah merupakan
langkah awal untuk memperbaharui semangat serta visi BMT Harum Kudus.
II. Tujuan
a.Mengarahkan visi dan misi perusahaan untuk kembali pada tujuan awal,
serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki BMT untuk menghasilkan
jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan /mengejar
keuntungan guna meningkatkan nilai BMT Harum di mata masyarakat.
b.Merubah orientasi BMT lebih fokus kepada eksternal
III. Sasaran
Mendapatkan logo baru untuk menjadikan Branding yang kuat bagi BMT Harapan Ummat Kudus
terhadap pihak eksternal
IV. Persyaratan Peserta
V. Aspek Penilaian Desain
1. Aspek Kebaruan
a. Logo bukan
jiplakan dari karya orang lain.
b. Peserta
diperbolehkan mengambil ide dan inspirasi dari berbagai sumber selama tidak menggunakan
karya orang lain.
c.Logo belum
pernah dipublikasikan dan diikutkan pada lomba rancang lain.
2. Aspek Bentuk
a.Logo harus
mampu mengomunikasikan visi dan misi perusahaan
B.Logo harus atraktif,
mudah dikenali, dan diingat oleh khalayak yang beragam,
C.Logo tidak
menggunakan foto.
3. Aspek Aplikasi
a.Logo mudah diterapkan pada berbagai
teknik dan media,
b.Logo
masih dapat diaplikasikan pada ukuran 2x2 cm2
VI. Jadwal Penerimaan Karya dan Penjurian
a.Batas akhir penerimaan desain
§Tanggal 30 November 2014 pada pukul 21.00 WIB
b.Pengumuman pemenang:
§sampai batas yang tidak di tentukan, ( peserta memenuhi kuota 15 orang )
VII. Juri Juri Independen
Pemenang : Rp. 500.000,-(Lima Ratus Ribu Rupiah)
IX. Ketentuan Pengiriman Karya
a.Setiap peserta
hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya
b.Tulis Identitas
peserta (Nama, Alamat Surat dan E-mail, Pekerjaan, dan Nomor telepon)
c.Penjelasan
desain diketik di kertas A4, dengan spasi 1,5
d.Isi File adalah
satu folder softcopy desain logo yang berisi:
* File Vektor
berupa CDR dan File Bitmap berupa
JPEG (minimal 300 dpi)
e.File Deskripsi
berupa word dengan ketentuan: Penamaan file: Deskripsi_(Nama
Peserta)_(Kota).(ekstensi file).
Contoh:
Deskripsi_wiwik_kudus.doc
f.Total Semua file tidak
melebihi 10 MB
g.Karya
dikirimkan dalam bentuk file dikirim melalui email : bmtharumkudus@gmail.com
Panitia Lomba Desain Logo BMT Harapan Ummat Kudus
JL . HM Subchan ZE No 47 Purwosari Kudus Telp. 0291 - 438 859
email : bmtharumkudus@gmail.com website : www.bmtharumkudus.com
NB : BMT HARAPAN UMMAT berhak
melakukan perubahan desain logo apabila diperlukan dan Semua hasil karya yang
terkirim menjadi hak milik BMT Harapan Ummat Kudus. Dengan mengirimkan karya,
peserta dianggap menyetujui semua ketentuan lomba .